Markas PMI Kota Padang

Silahkan hubungi kami di Jl.Terandam III No 27 B Kota Padang - Sumatera Barat - Indonesia

pmi_cabang_padang@yahoo.com pmi.cabang.padang@gmail.com

telp : 0751. 7876151

fax : 0751. 33624

Life For Humanity

Dengan memegang tujuh prinsip palang merah dan bulan sabit merah internasional, kami dedikasikan diri untuk membantu kemanusiaan.

Pulihkan Gejala Trauma Anak-anak di Cubadak Air



Kegiatan bermain ini rutin dilakukan setiap hari usai pulang sekolah. Meski telah dijadwalkan pukul 4 sore setiap harinya, tapi anak-anak di sana bisa bermain setiap saat.
“Biasanya kita mulai bermain jam 4 sore setiap hari, tapi kalau anak-anak sudah siap, kami pun siap mendampingi mereka,” kata Eka, relawan PMI Cabang Bengkulu.

Kegiatan ini dilakukan bukan tanpa alasan. Pascabencana gempa Sumatera Barat, PMI mengerahkan sejumlah relawannya, khusus untuk memberikan bantuan dukungan psikososial (psychosocial support program) bagi korban gempa yang mengalami trauma. Tujuannya adalah untuk membantu memulihkan gejala trauma pada anak-anak dengan mengajak mereka melakukan kegiatan belajar dan bermain yang biasa dilakukan sebelum terjadi gempa.

“Untuk menyembuhkan trauma memerlukan waktu cukup lama. Oleh karena itu, gejala trauma ini harus segera dipulihkan dengan mengajak mereka kembali ke kehidupan mereka sebelum gempa terjadi,” kata Koordinator Psychosocial Support Program (PSP) PMI, Irfan Perdana.
Hingga saat ini setidaknya masih terdapat 26 anak ditemukan dengan gejala trauma di sekitar posko PMI di Nagari Cubadak Air. Sebagian besar anak enggan berinteraksi dan bergaul dengan sesamanya. 
“Beberapa anak kami temukan dalam keadaan takut atau diam kalau diajak bicara. Dan ini bukan sekedar kendala komunikasi karena bahasa daerah yang mereka gunakan, tapi mereka takut berinteraksi,” jelas Irfan. 
Dengan bantuan relawan PMI, kini tidak kurang dari 20 anak setiap harinya mulai terbuka dengan dengan sesamanya dan para relawan. Sebagian besar anak malah sudah akrab dan mau diajak bermain puzzle, bola kaki, atau permainan lainnya.
David misalnya, bocah berusia 4 tahun ini tidak malu lagi dan sudah berani untuk datang ke posko PMI untuk bermain dengan ‘teman-teman barunya’.
“Awalnya David tidak mau bermain dengan teman-temannya. Tapi kini dia sudah mau datang ke posko dan ikut bermain kadang masih ditemani ibunya,” ujar Irfan. 
Untuk mendampingi anak-anak beraktivitas, PMI menurunkan 5 orang relawan Satgana (Satuan Penanggulangan Siaga Bencana) yang terlatih dalam memberikan bantuan psikologis kepada korban bencana. Rencananya para relawan ini akan tinggal di Nagari Cubadak Air untuk mendampingi para korban selama 3 bulan.
“Pendampingan ini tidak bisa sebentar, minimal 3 bulan. Dari situ baru kita bisa melihat apakah ada perubahan psikologi mereka,” kata Eka.* 
 

0 komentar:

Posting Komentar



 
@2009 Palang Merah Indonesia Cabang Kota Padang | created by : rifkadejavu.com