Markas PMI Kota Padang

Silahkan hubungi kami di Jl.Terandam III No 27 B Kota Padang - Sumatera Barat - Indonesia

pmi_cabang_padang@yahoo.com pmi.cabang.padang@gmail.com

telp : 0751. 7876151

fax : 0751. 33624

Life For Humanity

Dengan memegang tujuh prinsip palang merah dan bulan sabit merah internasional, kami dedikasikan diri untuk membantu kemanusiaan.

Bantuan "Keceriaan" dari Tim PSP PMI Cabang Kota Padang





Bencana Gempa yang melanda Kota Padang pada tanggal 30 September 2009 telah mencatatkan korban ribuan jiwa dan juga kerusakan serta kerugian materil yang cukup besar. Kerusakan sangat merata di beberapa daerah di Kota Padang, Pariaman, Agam, dan juga beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat. Kerusakan konkrit yang terjadi bisa kita lihat secara nyata dengan kedua belah mata, akan tetapi ada kerusakan yang sangat sulit dideteksi dengan kasat mata. Kerusakan tersebut mengarah kepada mental dan psikologi masyarakat yang juga ikut terguncang oleh hebatnya dampak bencana gempa tersebut. Salah seorang anggota keluarga ikut menjadi korban, rumah yang telah rata dengan tanah, bantuan yang belum kunjung datang, kesehatan yang sudah mulai terganggu dan banyak lagi hal lain yang bisa memberikan efek kepada gangguan mental dan psikologi masyarakat yang terjadi pasca gempa melanda.





Menyikapi kondisi ini, PMI Cabang Kota Padang melalui Program Psychosocial Supporting Program atau yang lebih dikenal dengan "PSP" menggalang kekuatan dari relawan-relawan untuk memberikan bantuan dari sisi kejiwaan. Kegiatan ini telah dilakukan pada minggu pertama setelah gempa melanda Kota Padang. Kegiatan difokuskan untuk menumbuhkan kembali keceriaan yang mulai pudar di mata anak-anak dan juga sedikit menghilangkan kepenatan pikiran dalam menghadapi kondisi pasca bencana bagi masyarakat.





Program-program yang telah dilakukan sampai saat ini masih diprioritaskan kepada anak-anak, karena anak-anak merupakan sosok yang sangat rentan mengalami gangguan kejiwaan/psikologi  karena bencana. Banyak anak-anak yang masih takut masuk sekolah karena melihat sebagian bangunan sekolahnya rubuh, banyak anak-anak yang tidak nyaman bersekolah di dalam tenda-tenda dikarenakan panasnya cuaca. Tim PSP PMI Cabang Kota Padang pada awalnya mulai mendata beberapa sekolah yang masih mengalami kesulitan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Disinilah peran relawan PSP sangat dibutuhkan, karena pendekatan yang dilakukan lebih mengarah kepada psikologi dengan menggunakan teknik-teknik yang bukan teknik konvensional akhirnya murid-murid PAUD/TK/SD kembali mau belajar di dalam kelas dan mau kembali serius menerima bahan ajaran dari gurunya.





Berikut beberapa lokasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim PSP PMI Cabang Kota Padang yang di prioritaskan kepada anak-anak :





1.        SDN 25 dan 28 Kel.Purus Kec. Padang Barat
2.        SDN 23 dan 24 Kel. Purus Kec. Padang Barat
3.        PAUD Lubeg Jalan Lubuk Begalung belakang Masjid Nurul Huda
4.        TK Pembina Marapalam, jalan Lubuk Begalung Komp. Pemda
5.        TK Aisyiayah 19 Lubuk Lintah Kec. Kuranji
6.        SD Negeri 11 Ampang Kec. Kuranji Kamp. Kalawi
7.        PAUD Melati Jalan Tepi Bandar Bekali Sawahan Timur Kec. Padang Barat
8.        SD Negeri 12 Jl. Pulau Talena 1 Kampung Lapai Kec. Nanggalo Padang
9.        SD Negeri 18 Jl. Pulau Talena 1 Kampung Lapai Kec. Nanggalo Padang 
10.     SD Negeri 12 Ulak Karang Utara  
11.     SD Negeri 27 Ulak Karang Utara
12.     SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Jalan Bunda Raya Kec. Padang Utara
13.     SD Negeri 26 Kel. Air Tawar Timur Kec. Padang Utara jalan Pinang Sori 1 Kota Padang
14.     SD Negeri 28 Kel. Air Tawar Timur Kec. Padang Utara jalan Pinang Sori 1 Kota Padang
15.     Dan beberapa sekolah lainnya



Selain kepada anak-anak, Tim PSP PMI Cabang Kota Padang juga memberikan pencerahan-pencerahan kepada masyarakat yang juga terdampak oleh bencana ini. Ada beberapa kegiatan yang telah kita angkatkan  seperti Senam Lansia dan juga Pengajian rohani dengan mendatangkan buya. Hal ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, selama ini masyarakat disibukkan dengan mengurusi rumahnya masing-masing....dengan Senam Lansia yang diadakan, mereka kembali bisa berkumpul dan bersenda gurau antara tetangga dan bisa melupakan kepenatan pikiran akibat rumah mereka yang hancur. Selain itu, Mesjid dan mushalla yang semenjak gempa mulai kurang didatangi jema'ah, melalui program pengajian yang dilakukan bisa memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan, sehingga Mesjid dan Mushalla pun sudah kembali bisa diramaikan oleh pengajian-pengajian rutin, seperti yang dilakukan di RT 5 RW II Kurao Pagang Kec. Nanggalo Padang.





Kedepan, Tim PSP PMI Cabang Kota Padang memiliki agenda kegiatan yang akan di arahkan kepada kegiatan-kegiatan massal. Kami berencana akan mengadakan senam massal, jalan santai dan juga tablik akbar yang akan dipusatkan di beberapa daerah-daerah strategis di Kota Padang seperti di GOR H. Agus Salim, Imam Bonjol dan lokasi lainnya. Selai itu ada ide nyeleneh yang juga sempat terpikirkan oleh relawan, kami akan menyewa beberapa pakaian badut yang nantinya akan dipakai oleh relawan berputar-putar keliling kota Padang dengan prediksi bahwa "Melalui media badut ini kami akan  mencoba mengembalikan senyum di setiap wajah orang minang di Kota Padang ini"



















Tim PSP PMI Cabang Kota Padang :
1. Bukhari Halim
2. M. Najippudin, S.Sos.I
3. Alfi Syukria
4. Zia Rahayu
5. Nofridawati
6. Siti Rabiatun
7. Suharjono, S. Pd
8. Marzani
9. Slamet Heri



0 komentar:

Posting Komentar



 
@2009 Palang Merah Indonesia Cabang Kota Padang | created by : rifkadejavu.com