Markas PMI Kota Padang

Silahkan hubungi kami di Jl.Terandam III No 27 B Kota Padang - Sumatera Barat - Indonesia

pmi_cabang_padang@yahoo.com pmi.cabang.padang@gmail.com

telp : 0751. 7876151

fax : 0751. 33624

Life For Humanity

Dengan memegang tujuh prinsip palang merah dan bulan sabit merah internasional, kami dedikasikan diri untuk membantu kemanusiaan.

Pembentukan dan Pelatihan SIBAT di Kelurahan Baringin Kec. Lubuk Kilangan dan Kel. Padang Sarai Kec. Koto Tangah

    Markas PMI Kota Padang- SIBAT merupakan wadah bagi masyarakat dalam upaya-upaya pengurangan resiko terpadu di daerah yang mereka tempati, sehingga anggota sibat tersebut bisa menjadi pembimbing, motivator dan penggerak dari masyarakat disekitarnya dalam upaya-upaya pengurangan resiko didaerahnya. PMI Kota Padang dalam hal ini ikut andil dalam kegiatan tersebut dengan Membuka Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Jumat (27/1) di Kelurahan Baringin Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang dan di daerah prog. yg kedua kamis (09/2) di kelurahan Padang Sarai Kec. Koto Tangah. Pelatihan SIBAT ini merupakan bagian dari Program PERTAMA (Pengurangan Resiko Terpadu Berbasis Masyarakat) yang merupakan kerjasama antara Palang Merah Indonesia dengan Palang Merah Perancis. 
    Pelatihan kali ini dibuka langsung oleh Ketua PMI Kota Padang Drs H. Muchlis Sani (Baringin) dan Bapak Wakil Ketua Bidang Organisasi H. Herman, SE (Padang Sarai), yang dihadiri oleh Camat Lubuk Kilangan Andre Al Gamar, Pengurus PMI Kecamatan Lubuk Kilangan dan Lurah baringin beserta tokoh-tokoh masyarakat setempat begitu pula dengan di daerah Padang Sarai. Pelatihan SIBAT di kelurahan Baringin dilaksanakan dari tanggal 27 Januari s/d 2 Februari 2012 sedangkan untuk daerah Padang sarai telah dilaksanakan dari tanggal 09 Februari s/d 15 februari 2012 dengan peserta masing-masing sebanyak 20 orang dan fasilitator langsung dari PMI kota Padang sendiri.
    "Sibat merupakan ujung tombak untuk satuan penanganan bencana yang berada di kelurahan Baringin apabila terjadi bencana dan bisa berkoordinasi dengan PMI serta BPBD dan instansi-instansi terkait lainnya di Kota Padang," kata Muchlis.
    Selain dari Beringin dan Padang Sarai di Kota Padang yang yang menjadi daerah program PERTAMA PMI Kota Padang  adalah Kelurahan Bungus Barat di Bungus Teluk Kabung. 
    "Beringin merupakan daerah yang tepat dalam pembentukan Sibat ini karena lingkungan dan masyaratnya sangat peduli terhadap kesiapsiagaan terhadap bencana. Kelurahan ini berada pada daerah pinggiran bukit yang sangat rawan terhadap longsor dan banjir bandang," katanya.
    Andre Al Gamar selaku Camat Lubuk Kilangan menyambut baik pembentukan Sibat di kelurahan ini dan mendukung supaya tim ini nantinya tetap solid di tengah masyarakat. "Tim Sibat diharapkan dapat menjadi motivator kepada masyarakat dalam kesiapsiagaan dan dalam upaya pengurangan resiko yang akan timbul jika terjadi bencana yang tidak kita harapkan, baik di Kelurahan Beringin maupun di luar Kelurahan Beringin," ujarnya. Demikian juga adanya di daerah Padang Sarai yang berada di pinggiran pantai dan daerah yang masih bnyak rawa-rawanya yang sangat rentan sekali terhadap resiko bencana banjir. atas nama masyarakat padang Sarai Bapak Camat menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Palang Merah Indonesia yang telah melaksanakan program ini, yang sangat berarti dan sangat penting sekali keberadaannya bagi masyarakat nantinya.
    "bencana itu tidak kita harapkan datangnya, namun jika terjadi bencana, maka kita sudah mempersiapkan diri dengan segala langkah yang akan kita lakukan" tambahnya. inilah tujuan dilatihnya SIBAT di kelurahan ini. (Bams_admin)

0 komentar:

Posting Komentar



 
@2009 Palang Merah Indonesia Cabang Kota Padang | created by : rifkadejavu.com